Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, February 16, 2013

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informatika


Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informatika


Saat ini istilah Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi atau Teknologi Informatika (TI) semakin sering terdengar. Bahkan tidak hanya digunakan dalam bidang pekerjaan, dunia akademik pun banyak yang membuka jurusan tentang kedua istilah tersebut.

SI dan TI merupakan bagian kajian dari komputer. Berdasarkan matakuliah yang disajikan di masing-masing jurusan tampaknya TI lebih mengarah pada rekayasa perangkat lunak (aspek teknologi), sedangkan SI lebih mengarah pada implementasi nilai bisnis dari sebuah teknologi informasi. Sebagai contoh, orang-orang TI berpikir bagaimana membuat sebuah website yang hebat, sedangkan orang-orang SI berpikir bagaimana agar website tersebut mampu menunjang kelancaran e-commerce yang dibangun oleh sebuah perusahaan.

Secara formal, perbedaan kedua istilah populer di atas dikatakan bahwa Teknologi Informasi (TI) merupakan sub-sistem dari Sistem Informasi (SI) (Jogiyanto, 2005: 3). Beberapa pendapat menyatakan bahwa TI lebih murni mengurusi aspek teknologi, sedangkan SI sudah melibatkan aspek teknologi dan manajemen.

Dalam sebuah kamus komputer dinyatakan bahwa Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan (Febrian 2004: 238-239). Sementara itu, Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video (Febrian 2004: 239).

Selanjutnya, harus mampu membedakan pula antara Hand Phone (HP)  dan komputer. HP merupakan contoh produk Teknologi Telekomunikasi, sedangkan komputer merupakan contoh produk Teknologi Komputer. Apabila sebuah komputer sudah dapat digunakan untuk berkomunikasi seperti Internet, maka ia dikategorikan sebagai Teknologi Informasi.


REFERENSI
Febrian J. 2004. Kamus Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Jogiyanto. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. Difference between Information System and Information Technology. 100keyboard.blogspot.com.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment